BM Bergerak

Srikandi Banteng Makassar Galmerrya : ASI adalah Asupan yang Baik Untuk Bayi

Makassar – Perda Pemerintah Kota Makassar No. 3 tahun 2016 bertujuan untuk antara lain menjamin terpenuhinya hak bayi, menjamin pelaksanaan kewajiban ibu memberi ASI Eksklusif dan mendorong peran keluarga, masyarakat, badan usaha dan Pemda dalam pemberian ASI Eksklusif, hal ini disampaikan oleh Galmerrya Kondorura anggota DPRD Kota Makassar dari Fraksi PDI Perjuangan, Sabtu, (22/08/2020) pada saat sosialisasi Perda tentang Pemberian ASI eksklusif, di hotel Sarison Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Makassar, didepan peserta dari Kec. Tamalanrea dan Biringkanaya.

Galmerrya yang juga Pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Makassar menegaskan bahwa ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia enam bulan. Selama periode tersebut, disarankan untuk hanya memberikan ASI, tanpa tambahan asupan makanan apa pun. Sebab, ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan oleh bayi.

Merry sapaan akrab Galmerrya Kondorura lebih lanjut mengatakan  “Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi perkembangan bayi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Komposisinya pun lebih mudah dicerna ketimbang susu formula. Karena itu, ASI dapat dikatakan sebagai makanan utama bayi pada 6 bulan pertama kehidupannya, pungkasnya.

Sementara itu Tawakkal dari BKKBN Sul-Sel sebagai salah satu narasumber menjelaskan pentingnya ASI pada bayi akan menjadikan anak sehat dan cerdas, dan ini merupakan pemenuhan hak bayi dan perlindungan ibu.

“Ibu hamil diharuskan mengkonsumsi makanan bergizi agar memberikan haknya bayi dan juga sebagai perlindungan terhadap ibu.

Lain halnya Hamzah yang juga narasumber dari staf bagian perundang-undangan Hukum dan HAM Kota Makassar menjelaskan bahwa masyarakat dan pemerintah harus mengawasi pemberian ASI pada bayi, karena ini bagian dari Perda ini karena ini menjadi hak mutlak bayi berdasarkan asas pria kemanusiaan, pungkasnya.

1 Comment

1 Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

To Top