BM Bergerak

Samsu Niang Sebut Program Rumah Tanpa DP ala DILAN Realistis

SUPERMAKSS.COM — Anggota DPR RI, Samsu Niang, menyampaikan apresiasinya perihal program Rumah Tanpa Down Payment (DP) yang digagas Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN). Program itu sangat dinantikan oleh banyak warga, khususnya dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Menurut Samsu Niang, program Rumah Tanpa DP memang terbilang berani, tapi itu juga menunjukkan komitmen DILAN dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Lewat program tersebut, publik dapat menilai bahwa hanya pasangan doktor dan dokter tersebut yang paling peduli meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Program terbaru dari DILAN itu patut diapresiasi karena bila terealisasi, maka sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat kita. Itu sangat membantu masyarakat kalangan menengah dalam pemenuhan hak hunian layak, ya muaranya masyarakat kita dapat hidup nyaman, aman dan bahagia,” ucap legislator Senayan dari PDI Perjuangan itu, Sabtu (21/11).

Lebih jauh, Samsu Niang mengungkapkan program Rumah Tanpa DP cukup realistis, selama wali kota memang mempunyai komitmen ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat. Lagi pula, program itu pun bukan kali perdana di Indonesia, meski untuk Sulsel, khususnya Kota Makassar belum ada yang berani mencanangkan, selain DILAN.

“Program Rumah Tanpa DP sudah ada di beberapa daerah, seperti DKI Jakarta, tapi memang masih berfokus menyasar ASN. Nah, yang menarik di Makassar akan menyasar kalangan ekonomi menengah lainnya, ya jadi bisa dibilang lebih progresif,” ucap anggota komisi VIII DPR RI itu.

Sebelumnya, Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, mengungkapkan program Rumah Tanpa DP digagas pihaknya merujuk dari aspirasi warga dan fenomena di lapangan. Diketahui, tidak sedikit warga Kota Makassar, khususnya kalangan ekonomi menengah ke bawah yang tidak memiliki rumah, meski bekerja sudah puluhan tahun.

Kata dia, persoalannya tidak jarang terjadi karena pihak pengembang perumahan yang mematok DP yang tinggi. Olehnya itu, bila kelak terpilih, DILAN akan menggandeng pihak pengembang untuk membangun perumahan dengan harga yang terjangkau dan yang paling penting adalah tanpa perlu membayar uang panjar alias DP.

“Program Rumah Tanpa DP akan fokus menyasar masyarakat ekonomi ke bawah. Pencanangan program ini merupakan wujud komitmen DILAN ingin menekan kesenjangan dan mewujudkan masyarakat Kota Makassar yang bahagia,” ujar dia.

Program Rumah Tanpa DP sendiri bagian dari program besar DILAN Bahagia. Pasangan usungan PDIP, Hanura dan PKB itu diketahui memiliki sembilan program besar dalam mewujudkan visi Makassar Kota Sombere’. Selain DILAN Bahagia, juga ada DILAN Berbagi, DILAN-tik, DILAN Cepat dan masih banyak lagi. (*)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

To Top