BM Bergerak

Srikandi Banteng Makassar Sosialisasi Perda Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

SUPERMAKSS.COM – Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an merupakan bagian dari aktifitas hidup masyarakat muslim di Kota Makassar dipandang perlu upaya berkesinambungan dengan melakukan standarisasi lisensi bagi para pengajar, ungkap A. Suhada saat memberikan pengantar sekaligus memberikan materi sosialisasi Perda No. 1 Tahun 2012 di Hotel Horison Jln. Jend. Sudirman Kota Makassar, Minggu (25/04/2021).

Kami sengaja melakukan sosialisasi Perda Baca Tulis Al-Qur’an ini di bulan Ramadhan ini, dan berharap kita mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Makassar lebih lanjut mengatakan bahwa tujuan dari Perda adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, untuk diamalkan dalam kehidupan keseharian kita.

Reses Masa Sidang ll Tahun 2020 – 2021, Galmerrya Reses di Enam Titik, Ini Aspirasi Warga Yang Dikeluhkan

A. Suhada : Setiap Saya Reses, Keluhan Yang Sama Yang Sering Disampaikan Oleh Warga

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi Wahyu ilahi yang diturunkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW melalui pengantaran Jibril, pungkasnya.

Sementara itu Raisuljaiz yang juga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Makassar sebagai salah satu narasumber memaparkan beberapa metodologi cara cepat membaca Al-Qur’an antara lain Metode Baghdadiyah, metode ini berasal dari Baghdad Irak, dimana materinya diurutkan dari yang konkrit ke abstrak.

Kedua, Metode Iqro’, ini yang lazim dilakukan oleh para lembaga pendidikan TK/TP Al-Qur’an, mudah dan cepat dalam penerapan membacanya.

Selanjutnya kata Rais, ada metode Qiro’ati, metode Al-Barqy dan terakhir metode Tilawati, metode ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung lembaga yang menerapkannya.

Sementara itu perwakilan dari Pemerintah Kota Makassar yang diwakili oleh PLT Kabag Ekonomi H. Aswis Badwi, SE., M.Si menekankan bahwa setiap jenjang pendidikan Cara Baca Tulis Al-Qur’an mempunyai kurikum tersendiri, sehingga masing-masing mempunyai tahapan sesuai dengan tujuan dari kurikulum disetiap jenjang tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan masyarakat dari Kec. Makassar dan Kec. Rappocini dengan protokol kesehatan, dengan moderator A. Nabila Ansyari. (*)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

To Top